Jumat, 09 November 2012

Bahan Pemahaman Alkitab Dewasa




SIFAT ORANG KRISTEN YANG DEWASA ROHANI
Bacaan : 1 Petrus 3 : 8 - 12

Pengantar :
Dalam  kehidupan  Kekristenan  terdapat beberapa tingkatan / tipe orang. Ada orang  yang secara fisik  belum  dewasa  dan secara rohani  juga  belum  dewasa,  ada orang  yang  secara fisik belum dewasa tetapi secara  rohani  sudah  dewasa,   ada  orang yang secara  fisik  sudah  dewasa  tetapi  secara  rohani belum dewasa, dan ada orang yang secara  fisik  dan  secara  rohani  sudah  dewasa.  
Sebetulnya  seperti apakah orang Kristen yang dewasa secara rohani itu?  Menurut Rasul Petrus, orang (jemaat)  Kristen disebut dewasa kalau memiliki sedikitnya 5 (lima) sifat berikut :

  1. Seia sekata dan saling mengasihi
Walaupun dalam jemaat terdapat orang-orang yang berbeda suku bangsa, bahasa, adat istiadat, pendapat, dll, tetapi harus benar-benar ada “sehati dan seia sekata” agar jemaat dapat hidup sebagai suatu persekutuan.

  1. Seperasaan
Dalam bahasa aslinya “sparasso” artinya sama merasakan sakit. Hendaknya setiap anggota jemaat turut merasakan dukacita dan sukacita serta pengalaman baik maupun pahit dari saudaranya seiman.

  1. Penyayang
Sifat penyayang muncul dari hati yang lemah lembut terhadap orang lain, menaruh belas kasihan terhadap semua orang yang susah hidupnya.

  1. Rendah hati
Rendah hati bukan hanya bertindak sebagai orang yang sopan. Rendah hati adalah dasar untuk suatu kehidupan yang sopan. Rendah hati adalah selalu mendahulukan orang lain.

  1. Mengasihi musuh (baca Matius 5 : 44)
Kita dipilih bukan hanya untuk mengasihi sesama umat Allah, tetapi juga orang-orang yang memusuhi kita. Kita tidak diajar untuk membenci, mendendam, atau membalas mereka yang menganiaya kita, tetapi sebaliknya untuk memberkati mereka.


Bahan sharing / pertanyaan aplikasi :
  1. Sebagai orang Kristen kita dapat hidup dalam salah satu tahap berikut ini : membalas kebaikan dengan kejahatan (tahap Iblis), membalas baik dengan baik, jahat dengan jahat (tahap manusiawi), membalas kejahatan dengan kebaikan (tahap Ilahi). Manakah tahapan Anda, sharingkan pengalaman Anda!

  1. Apakah hambatan-hambatan yang Anda temui (bila ada) untuk tumbuh dewasa dalam rohani? Sharingkan pengalaman Anda!

  1. Menurut Anda bagaimanakah caranya agar orang-orang Kristen bisa tumbuh dewasa secara rohani? Jika jawaban Anda didasarkan pada ayat Alkitab, sebutkan!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

When there is a will, there is a way